Corporate Profile
Board of Directors
Senior Management
Milestones
Our Subsidiaries
Our Community Exchange
CSF in the Media
Press Releases
Happenings
Career Opportunities
Home > About Us > CSF in the Media > Press Releases
Press Releases

CSF Group Masuki Pasar Indonesia


Oleh Arief Novianto


Published On: 29 July 2011


JAKARTA: Perusahaan pengembang, pengelola dan operator pusat data CSF Group plc, berkerja sama dengan PT Karya Graha Nusantara (KGN) mendirikan PT Cyber CSF untuk memperluas bisnisnya di Indonesia di bidang layanan data center. Dalam mengoperasikan layanan data center itu, CSF Group dan KGN membangun gedung CXJ (Computer Exchange Jakarta) dengan luas 30.000 meter persegi yang berlokasi di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dan ditargetkan dapat beroperasi pada kuartal IV/2011. Adrian Yong, CEO Grup dan Directur CSF Group mengatakan guna pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mendorong banyak usaha untuk memperkuat menajemen pusat data mereka, di mana Indonesia termasuk jajaran 5 besar negara Asia dalam penggunaan internet dengan menduduki peringkat ke-4 setelah China, India dan Jepang (pertama). Menurut dia, Kementerian Perekonomian baru-baru ini juga telah berkomitmen untuk meningkatkan penetrasi penggunaan broadband mencapai 30% pada 2014. Perkembangan ini menunjukkan adanya kebutuhan pengadaan infrastruktur pusat data baru guna mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.“Ekonomi digital erat kaitannya dengan membangun komunitas yang saling terhubung. Kami rasa ini adalah saat yang tepat untuk mulai mengembangkan bisnis kami di Indonesia,” ujarnya dalam siaran tertulis yang diterima Bisnis, hari ini. Adrian menyatakan kerja sama CSF Group dan KGN dengan membangun PT Cyber CSF akan menyediakan beragam layanan terkait dengan pusat data, baik untuk bisnis maupun industri penyedia jasa. “Dengan pengalaman dan keahlian kami miliki, kami siap mendukung berbagai sektor industri termasuk institusi finansial, perusahaan game development, serta perusahaan penyedia internet,” katanya. Daniel Korompis, Presiden Direktur PT Cyber CSF menuturkan CXJ menjadi fasilitas pusat data terbesar di Indonesia, di mana gedung ini nantinya akan dilengkapi dengan uninterruptable power supply dan sistem daya cadangan berkualitas tinggi.


Generator listrik darurat akan ditempatkan di setiap lantai untuk memastikan operasi 24 jam guna mendukung kegiatan bisnis yang kritis. CXJ juga akan menggunakan sistem pendingin air dan udara untuk kepentingan pendinginan fasilitas. “CXJ akan menjadi pusat data pertama kami di Indonesia. Gedung ini terdiri dari sebuah Data Center Block serta satu M&E Plant House. Data Center Block merupakan gedung delapan tingkat untuk mendukung kegiatan bisnis yang kritis dan beragam aplikasi yang fokusnya pada layanan, untuk mendukung kebutuhan operasional IT perusahaan,” jelasnya.

Sebagai operator pusat data terbesar di Asia Tenggara, CSF Group menyediakan rangkaian layanan lengkap, tidak hanya fasilitas pusat data, tetapi juga beragam layanan terkait lainnya.Layanan itu meliputi desain dan pengembangan pusat data, menajemen proyek, fitout, perawatan dan integrasi peralatan dalam fasilitas pusat data dengan ruangan komputer lainnya, serta penyewaan pusat data. Saat ini CSF Group mengoperasikan empat pusat data independen di Malaysia dan Vietnam, serta berencana melakukan ekspansi lebih lanjut di beberapa negara Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Cina, Taiwan dan India. CSF Group juga menargetkan untuk mengoperasikan ruang pusat data seluas 100.000m2 dalam tiga hingga lima tahun mendatang. Saat ini, CSF Group mengoperasikan lebih dari 20.000m2 dengan kapasitas yang akan meningkat menjadi sekitar 50.000m2 dalam enam bulan ke depan. Jika saling terhubung, fasilitas CSF Computer Exchanges ini akan membentuk sebuah landasan infrastruktur yang kuat untuk mendukung cloud computing di kawasan Asia Tenggara. (bsi)